Resensi Buku "Pintar Ngomong Bahasa Jepang untuk Sehari-hari"



Hai sobat-sobat cerdas! 
Kali ini, saya akan mencoba menulis resensi salah satu buku favorit saya. Yuk, cekidot! 




Judul: Pintar Ngomong Bahasa Jepang untuk Sehari-hari
Pengarang: Setiawan Agung Pamungkas 
Penerbit: OCTOPUS Publishing House
Kota terbit: Yogyakarta
Tahun terbit: 2016
Tebal halaman: V + 179
Ukuran buku: 12 cm x 18 cm 
Kategori: non fiksi 


Jepang adalah salah satu negara industri terbesar di dunia dan terkemuka di Asia. Beberapa tahun belakangan ini, pengaruh akan peranan Jepang semakin meluas, termasuk hingga ke Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dan Jepang terjadi hampir di semua aspek pembangunan Indonesia. Pentingnya hubungan antara kedua negara ini tidak dapat disepelekan lagi. Bahasa Jepang pun telah menjadi alat komunikasi yang vital di bidang bisnis, pendidikan, maupun sehari-hari. 

Atas dasar itulah, Setiawan Agung Pamungkas menghadirkan buku berjudul "Pintar Ngomong Bahasa Jepang untuk Sehari-hari" ini ke tengah-tengah pembaca yang berniat untuk mempelajari dan menguasai bahasa Jepang. Buku ini memiliki 3 bagian dan sebuah lampiran yang masing-masing berisi bab maupun subbab. Berikut adalah pokok informasi singkatnya: 

Bagian I: Membaca dan Menulis Bahasa Jepang 
Bagian pertama ini memiliki 13 bab yang sifatnya mengerucut. Dimulai dari mengenalkan sastra Jepang secara umum, beralih ke pengucapan dan penulisan karakter, hingga membuat kalimat sederhana yang didasari pada macam-macam gramatika atau tata bahasa yang sudah diulas secara ringkas. 

Bagian II: Ungkapan Sehari-hari 
Terdiri dari 3 bab yang berisi pengenalan ungkapan bahasa Jepang yang biasa digunakan sehari-hari, seperti ucapan salam, pertanyaan umum, hingga frasa-frasa yang lazim penggunaannya. 

Bagian III: Percakapan 
Berisi 30 percakapan yang merupakan penerapan langsung dari tata bahasa dan ungkapan yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Percakapan yang dihadirkan dibuat dalam bentuk yang variatif dengan situasi dan topik yang berbeda-beda. Misalnya, percakapan tentang hobi, membeli pakaian, liburan, dan lain-lain. 

Lampiran
Lampiran pada buku ini merupakan kamus kecil istilah-istilah umum bahasa Jepang yang dibagi menjadi 12 bagian menurut topiknya; satuan benda, kata sifat, bilangan, kalender, binatang, buah-buahan, makanan, minuman olahraga, pakaian dan perhiasan, peribahasa, dan tempat penting (tempat umum). 


Keunggulan utama dari buku "Pintar Ngomong Bahasa Jepang untuk Sehari-hari" ini adalah cara penyajiannya yang disusun dengan metode khusus supaya pembaca mampu memahami isinya secara cepat dan menyenangkan. Seperti yang telah tertulis di atas, materi sengaja disajikan secara mengerucut, yaitu dimulai dari sesuatu yang paling umum hingga khusus. Teknik step by step juga diterapkan secara jelas dan efektif oleh penulis sehingga mampu menghilangkan persepsi rumit bagi pembaca. Cara penyampaian materinya sederhana, namun tetap menarik karena mudah dimengerti. Selain itu, buku ini juga mudah dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang terbilang kecil, cocok untuk pembaca yang sering bepergian.

Di satu sisi, oleh karena fungsinya yang lebih cenderung ke arah buku saku, buku ini tak dapat dijadikan satu-satunya acuan bagi pembaca untuk menguasai bahasa Jepang secara detail dan menyeluruh. Isinya yang kurang mendetail atau hanya bersifat umum saja membuat buku ini hanya cocok untuk pemula dan wisatawan saja. Bagi pembaca yang hendak menetap maupun mempelajari sastra Jepang lebih dalam lagi (penulisan kanji, honorifik, gramatika kompleks) disarankan untuk mencari buku panduan bahasa Jepang lainnya yang lebih lengkap dan terperinci. 

Terlepas dari kelemahannya, "Pintar Ngomong Bahasa Jepang Sehari-hari" adalah buku panduan yang tepat untuk pemula dan kaum awam yang hendak belajar bahasa Jepang. Penyajiannya yang terstruktur dan sederhana membuat materi apapun di dalamnya mudah dipahami. Belajar bahasa asing seperti Jepang sekalipun tak lagi susah ataupun rumit bila pembaca mengikuti tuntunan langkah-langkah yang ada pada buku ini. 



Nah, sekian ulasan dari saya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di postingan berikutnya ~ 


Comments