Definisi dan Kata Kunci

Soal diambil dari sini. 

1. Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?
Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap dan sistematis tentang cara melakukan sesuatu. 

Kata kunci: langkah-langkah, lengkap, sistematis, cara. 

Jadi, teks prosedur adalah teks yang berisi cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang dijelaskan secara lengkap dan sistematis. 


2. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? 
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu proses tentang asal-usul atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa peristiwa alam, sosial, maupun budaya. 

Kata kunci: proses, fenomena, perkembangan. 

Jadi, teks eksplanasi adalah teks yang memuat penjelasan suatu proses atau perkembangan sebuah fenomena. 


3. Apa yang dimaksud dengan ceramah? 
Ceramah adalah jenis komunikasi satu arah di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dsb. 

Kata kunci: Komunikasi, informasi, pengetahuan, di depan umum, satu arah. 

Dengan itu, ceramah adalah bentuk komunikasi satu arah yang dilakukan di depan umum dengan tujuan untuk menyampaikan informasi maupun pengetahuan pada pendengar atau audiens. 


4. Apakah yang dimaksud dengan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen? 
Nilai-nilai kehidupan pada cerpen adalah hikmah dan pelajaran hidup yang dipetik dari cerpen, yang dapat memberi kesadaran sosial bagi pembacanya. 

Kata kunci: hikmah, pelajaran hidup, kesadaran sosial.

Artinya, sebuah cerpen memiliki nilai-nilai kehidupan yang tinggi apabila memiliki hikmah dan pelajaran hidup yang dapat membangkitkan kesadaran sosial bagi pembacanya.


5. Apa yang dimaksud dengan proposal? 
Proposal adalah rancangan, penawaran, atau usulan kegiatan dari perorangan atau lembaga ke perorangan atau lembaga lain untuk mendapat persetujuan. 

Kata kunci: rancangan, kegiatan, perorangan, lembaga, persetujuan.

Maka, proposal adalah sebuah teks yang berbentuk rancangan kegiatan yang diusulkan oleh perorangan ataupun lembaga ke pihak lain untuk meminta persetujuan akan penyelenggaraan kegiatan tersebut. 


6. Apa yang dimaksud dengan karya ilmiah? 
Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun oleh metode ilmiah, yakni metode yang berdasarkan cara berpikir yang logis dan sistematis. Karya ilmiah menyajikan masalah-masalah objektif dan faktual. 

Kata kunci: metode, logis, sistematis, masalah, objektif, faktual. 

Suatu tulisan dapat dikatakan sebagai karya ilmiah apabila menyajikan suatu masalah atau isu objektif dan faktual, serta disusun secara logis dan sistematis. Kelogisan dan sistematika itulah yang membangun metode ilmiah. 


7. Apa yang dimaksud dengan resensi? 
Resensi adalah teks yang menyajikan informasi tentang ulasan, tanggapan, dan komentar mendalam tentang isi buku; kelebihan dan kelemahannya. 

Kata kunci: ulasan, tanggapan, komentar, kelebihan, kelemahan. 

Jadi, resensi adalah teks yang berisi ulasan berupa tanggapan dan komentar pembaca terhadap suatu isi buku, seperti kelebihan dan kelemahannya. 


8. Apa yang dimaksud dengan drama? 
Drama adalah bentuk karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakuan atau dialog. 

Kata kunci: karya sastra, kehidupan, pertikaian, emosi, dialog. 

Maka dari itu dapat disimpulkan drama adalah karya sastra berisi penggambaran akan kehidupan sehari-hari yang disertai dengan pertikaian (konflik) dan emosi, yang disampaikan lewat dialog para aktornya. 

Comments