Jawaban Soal Teks Eksplanasi

1. Teks eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan suatu proses tentang asal usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena. Fenomena yang dimaksud bisa berupa peristiwa alam, sosial, ataupun budaya. Teks eksplanasi juga bisa disebut teks narasi prosedural karena keduanya sama-sama menceritakan prosedur atau proses terjadinya sesuatu. 

2. Ciri-ciri teks eksplanasi
Bersumber dari fakta terkini
Teks eksplanasi haruslah memuat penjelasan dari fakta-fakta yang ada. Oleh karena itu, diperlukan kejujuran dari si penulis teks dalam mengulas topik yang dipilihnya dengan tanpa diberikan tambahan opini pribadinya atau berita palsu (hoax). Data yang diambil juga harus akurat dan memiliki sumber yang dapat dipercaya. Sumber data bisa diambil dari hasil penelitian, jurnal dengan kredibilitas yang baik, atau juga hasil wawancara.

Berisi ilmu pengetahuan yang informatif 
Teks eksplanasi dibuat untuk memberikan informasi kepada banyak orang. 

Netral
Yang dimaksud netral di sini adalah teks eksplanasi dibuat tidak untuk mempengaruhi atau membuat pembaca percaya dan setuju dengan topik yang dibahas. Penjelasannya harus valid dan ilmiah tanpa ada unsur memengaruhi. 

Terstruktur atau sistematis
Untuk urutan teksnya diawali dari penjelasan umum, penjelasan sebab-akibat, dan ditutup dengan kesimpulan. 


3.  Ya, tulisan ilmiah termasuk ke dalam teks eksplanasi. Teks eksplanasi berisi penjelasan tentang fenomena ilmiah yang bersumber pada fakta dan ilmu pengetahuan dengan data yang akurat. 


4. Struktur teks eksplanasi
• Pernyataan umum atau identifikasi fenomena
Bagian ini mengungkapkan gambaran atau sesuatu yang akan diterangkan. 

Deretan penjelas 
Di bagian inilah termuat proses sebab-akibat dari fenomena yang akan dibahas. Deretan penjelas memerinci proses berlangsungnya suatu kejadian secara runtut atau kronologis. 

Kesimpulan atau interpretasi 

Bagian penutup yang berisi simpulan dari keseluruhan teks. 

Comments