Atasi Susah Tidur dengan 3 Hal Ini!





Hai sobat cerdas!!! 。゚( ゚^∀^゚)゚。


Siapa di antara sobat yang punya masalah susah tidur alias insomnia? Ya, akhir-akhir ini makin banyak orang yang mengalami fenomena ini dan gak tahu cara mengatasinya. Banyak dari penderita insomnia berakhir bergadang sepanjang malam. Padahal, bergadang itu gak baik, lho, buat tubuh, apalagi kalau terus-terusan. Metabolisme tubuh bisa terhambat dan kita akan rawan terkena penyakit jantung!




Nah, insomnia ini gak boleh dibiarkan begitu saja, harus ada penanggulangannya. Penderita insomnia akut dapat langsung mengambil tindakan dengan konsultasi ke dokter. Sebenarnya, ada hal sederhana yang bisa kita lakukan sendiri untuk mengatasi susah tidur. Berikut adalah cara-cara sederhana yang bisa sobat lakukan untuk memiliki tidur yang pulas, nyenyak, dan berkualitas. Yuk, simak aja:



1. Hindari makan sebelum tidur

Kenapa? Bukannya kenyang itu membuat tidur lebih pulas? Engga dong! Malah itu bisa memicu usus buntu! Baiknya adalah menunggu 3 jam setelah makan barulah kita boleh tidur. Tidur saat sedang kenyang-kenyangnya akan mendorong perut untuk beraktivitas. Hal inilah yang membuat kita ga bisa tidur. Hindari juga minum kafein sebelum tidur karena zat itulah yang membuat kita terus melek. Segelas susu hangat sebelum tidur baik untuk buat kamu ngantuk, kok!


2. Jauhkan barang elektronik dari tempat tidur

Barang elektronik yang dimaksud itu ga cuma televisi atau laptop, lho! Zaman sekarang ini, orang seringkali meletakkan ponsel atau gadget di dekat mereka saat tidur. Barang-barang kayak begituan lah yang merangsang kita susah tidur karena keberadaan mereka menyita perhatian kita banget yang ga bisa hidup jauh dari mereka. Terkadang matiin aja gak cukup, harus dijauhkan. Selain itu, cahaya dari barang elektronik tersebut juga ga baik untuk kita, baik secara psikologis maupun kesehatan. Cahaya berlebih seperti itu selain mengurangi kenyamanan lingkungan juga memancarkan sinar radiasi yang dapat memicu kanker otak.


3. Buat lingkungan senyaman mungkin

Bicara soal lingkungan yang nyaman sifatnya relatif. Sekedar tips aja, kalian bisa coba cara-cara di bawah ini:
- Matikan lampu ruangan, atau kalau terlalu gelap bisa dibuat remang-remang.
- Suhu juga dapat menjadi faktor tidur nyenyak lho. Kebanyakan orang nyaman tidur di ruangan ber-AC, gimana dengan kalian?
- Jaga kerapian dan kebersihan kamar, buat kamar kalian tuh seperti surga kalian. Kalian bisa dekor ulang, atau mengganti jenis kasur dan guling bantal sesuai dengan yang kalian suka atau nyaman.



Nah, itulah cara sederhana yang bisa kalian lakukan di rumah untuk terlepas dari gaya hidup insomnia. Semoga bermanfaat ^^ !!!




Comments