Jawaban Ulangan Mid Semester Ganjil Bahasa Indonesia

Soal diambil dari sini



1. Jelaskan menurut pemahamanmu sendiri apa yang dimaksud dengan widget dalam sebuah blog?
Widget adalah tools atau konten yang bisa ditambah, diatur, dan dihapus dari sidebar blog. Widget memungkinkan blogger yang tidak memiliki pengetahuan tentang HTML atau CSS untuk memodifikasi atau mendesain sidebar blog mereka. Contoh widget yang umum misalnya statistik viewer, arsip, profil, dan lain sebagainya. Bagi pengunjung, widget berguna untuk mempermudah navigasi blog agar pengunjung dapat lebih mudah mengenali isi dari suatu blog. 



2. Sebutkan dan jelaskan 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog!
– Profil 

Atau yang biasa disebut about me, profil adalah sebuah elemen penting dalam komposisi widget blog. Widget ini berisikan tentang identitas singkat penulis blog. Profil akan membantu viewer baru untuk mengenal suatu blog yang akhirnya akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan viewer terhadap keaslian atau kredibilitas postingan. Selain itu, profil juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik pembaca bila dilakukan dengan tepat dan benar. 


– Postingan Terpopuler

Umumnya, postingan terpopuler suatu blog mencerminkan kualitas tulisan blog itu sendiri. Dengan menempatkan postingan terpopuler dalam widget blog, maka pembaca akan terdorong untuk mengklik dan membaca postingan tersebut. 


Label

Label diperlukan untuk mengelompokkan postingan blog yang beraneka ragam topiknya agar lebih rapi dan mudah untuk dicari, baik oleh si penulis blog itu sendiri maupun pembaca. Blogger dapat mengelompokkan postingannya sesuai dengan tema dari tiap-tiap tulisannya, misalnya untuk postingan cerpen dapat dilabel dengan 'cerpen', berita dilabel dengan 'berita', dan lain-lain.


– Arsip (archive)

Arsip blog akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui tulisan atau postingan apa saja yang ada di dalam suatu blog. Biasanya, postingan disortir atau diurutkan berdasarkan waktu pembuatannya, baik dari yang terbaru atau yang paling lama, berdasarkan bulan atau tahun, semuanya dapat diatur sendiri oleh blogger. Untuk memudahkan pencarian, dapat ditambahkan widget penelusuran blog, yaitu semacam search engine yang berfungsi menampilkan postingan yang paling relevan atau terkait dengan kata kunci yang dimasukkan.


– Template 

Pertama kali masuk ke sebuah blog, pengunjung tidak langsung melihat tulisan kita, melainkan template. Template blog dapat menjadi kawan atau lawan kita dalam menarik pengunjung, tergantung dari penggunaannya. Sebaiknya, template blog yang digunakan adalah yang berlatar belakang putih, tulisan hitam, dan berukuran huruf normal (tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil juga). Hindari warna-warna kontras yang tidak mengenakkan mata, buat blog anda ramah dan bersahabat dengan pembaca. 



3. Jelaskan langkah-langkah memasang widget dalam sebuah blog!
Cara di bawah ini terbilang mudah karena blogger tidak berurusan langsung dengan pengkodean HTML (berlaku untuk blogspot);
> Login ke blogger.com
> Pilih blog yang mau diedit widget-nya.
> Pada kolom sebelah kiri halaman, pilih 'Layout' atau 'Tata Letak'.
> Pilih 'Tambahkan Gadget'.
> Akan muncul jendela baru berisikan pilihan widget yang dapat ditambahkan ke dalam sidebar blog, pilih secukupnya atau seperlunya saja.
> Klik widget yang mau dipilih, atur widget sesuai keperluan (tata letak, tampilan, urutan, dll.), lalu klik simpan.
> Klik 'Lihat Blog' di bagian atas untuk melihat hasilnya. Akan tampak widget yang dipilih tadi.


4. Jelaskan langkah-langkah mengganti template blog!
Ada dua cara mengganti template blog, tergantung apakah blogger mau menggunakan template bawaan blogspot atau mengunduh dari sumber lain. 

Untuk menggunakan template bawaan blogspot;
> Login ke blogger.com
> Pilih 'Theme' atau 'Tema' pada kolom kiri halaman.
> Akan muncul kumpulan template atau tema yang disediakan Blogger. Empat terbaru yaitu Contempo, Soho, Emporio, dan Notable.
> Pilih tema yang diinginkan.
> Klik 'Terapkan pada Blog'.

Bila template yang disediakan Blogger kurang menarik perhatian anda, maka anda dapat mengunduh dari sumber lain, di sini contohnya adalah dari btemplates.com;
> Buka btemplates.com dan pilih tema yang diinginkan.
> Bisa dicek dulu halaman demonya dengan klik tombol Preview sebelum mengunduh template.
> Setelah dirasa cocok, pilih tombol Download.
> Setelah file template terunduh, ekstrak file dengan menggunakan winrar sehingga muncul folder yang berisi file berekstensi .xml
> Login ke blogger.com, masuk ke dashboard dan pilih menu 'Theme' atau 'Tema', klik tombol 'Cadangkan/Pulihkan' di bagian kanan atas atau 'Back up/Restore'.
> Cari atau browse file template yang telah diekstrak tadi, klik open.
> Pilih 'Unggah' dan tunggu beberapa saat.
> Setelah template ter-upload maka tampilan blog akan langsung berubah. Pilih 'Lihat Blog' untuk melihat tampilan blog anda yang baru.


5. Sebutkan 3 kata kunci dalam ceramah!
– Pembicara
Orang yang membawakan suatu ceramah. 

– Pesan
Isi ceramah yang hendak disampaikan pembicara ke pendengar.

– Pendengar
Audiens atau penerima informasi. 

Comments